AKSIOMA
Vol 15, No 3 (2024): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Desain pembelajaran garis dan sudut menggunakan Realistic Mathematics Education berbantuan Adobe Animate

Febriansyah, Muhammad Aldo (Unknown)
Nursyahidah, Farida (Unknown)
Albab, Irkham Ulil (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Garis dan Sudut merupakan salah satu bagian dari geometri yang berguna bagi siswa. Akan tetapi, siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami topik garis dan sudut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu lintasan pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami topik garis dan sudut dengan menggunakan konteks tradisi  Warak Ngendog Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu Preparing for Experiment, Design Experiment, dan Retrospective Analysis. Seluruh kegiatan pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education dan didukung dengan media adobe animate. Hasil penelitian ini meliputi empat kegiatan pembelajaran yaitu: Mengamati video tradisi Warak Ngendog untuk menemukan dan melukis sebuah sudut, mengukur sebuah sudut untuk menentukan besar sudut serta mengkomunikasikan langkah-langkahnya, mengategorikan dan mendefinisikan jenis-jenis sudut, serta menyelesaikan masalah kontekstual. Dari kegiatan yang dilakukan, dapat diketahui bahwa pembelajaran garis dan sudut dengan menggunakan konteks tradisi Warak Ngendog berbasis RME dan didukung media adobe animate dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep topik garis dan sudut pada kelas VII SMP Negeri 38 Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...