SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
Vol. 10 No. 1 (2025): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling

Pengembangan bahan ajar berbantuan canva dengan alur model project based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XII AKL SMK Negeri 1 Binjai

Siregar, Susanti (Unknown)
Mutmainnah, Sri (Unknown)
Siregar, Zulkarnain (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan bahan ajar yang interaktif dan sesuai dengan perkembangan teknologi dalam pembelajaran Komputer Akuntansi. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah penggunaan E-Modul berbasis Canva dengan model Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas E-Modul tersebut pada siswa kelas XII AKL 2 SMK Negeri 1 Binjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes pre-test dan post-test, wawancara, serta observasi. Data dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), serta uji efektivitas bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul berbantuan Canva dengan model PjBL layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi (3,2), ahli media (3,167), ahli desain (3,235), serta hasil uji coba dari guru (3,111), uji perorangan (2,944), uji kelompok kecil (3,012), dan uji lapangan (3,056). Dari segi efektivitas, bahan ajar ini berkontribusi dalam meningkatkan minat belajar siswa, dengan rata-rata skor kelas eksperimen 16,26 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 20,24. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat, dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 75,38 dibandingkan kelas kontrol 64,83. Efektivitas bahan ajar ini dikategorikan dalam tingkat sedang, dengan skor peningkatan minat belajar sebesar 0,559 dan peningkatan hasil belajar sebesar 0,753. Temuan ini memberikan implikasi bagi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih inovatif, serta dapat menjadi dasar bagi penelitian selanjutnya dalam pengembangan bahan ajar digital interaktif di bidang pendidikan akuntansi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

schoulid

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Social Sciences

Description

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 ...