Minimnya minat belajar siswa terhadap matematika berdampak pada rendahnya pencapaian akademik mereka, khususnya di jenjang sekolah dasar. Minat belajar matematika siswa kelas V SDN 002 Koto Baru Singingi Hilir tergolong rendah sehingga prestasi belajarnya kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Metode korelasional kuantitatif digunakan dengan sampel jenuh sebanyak 55 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar sebanyak 20 butir dan tes matematika pilihan ganda sebanyak 20 butir. Data dianalisis menggunakan SPSS 25, dengan hasil korelasi Pearson menunjukkan koefisien sebesar 0,762 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika. Semakin tinggi minat belajar siswa, maka semakin baik prestasi belajar matematikanya. Kesimpulannya, minat belajar memiliki pengaruh yang kuat terhadap prestasi belajar matematika siswa. Oleh karena itu, peningkatan minat belajar siswa harus menjadi fokus utama dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2025