SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
Vol. 10 No. 1 (2025): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling

Pengembangan e-modul pembelajaran ekonomi berbasis learning management system (LMS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Ansari, Aulia (Unknown)
Hutasuhut, Saidun (Unknown)
Mutmainah, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas e-modul pembelajaran Ekonomi berbasis Learning Management System (LMS) SELA pada siswa kelas XI MAN Sibolga. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen (n = 28) dan kelas kontrol (n = 30), yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Namun, penelitian ini belum menjelaskan secara rinci karakteristik demografis peserta didik, yang dapat memengaruhi generalisasi temuan. Instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi, lembar observasi, dan soal pretest–posttest. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi (85,41%), ahli media (89,71%), dan ahli desain pembelajaran (89%). Uji efektivitas menggunakan Independent Samples t-Test menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol (p < 0,001), dengan rata-rata skor posttest 80,67 (eksperimen) dan 66,50 (kontrol). Meski hasilnya menunjukkan bahwa e-modul berbasis LMS SELA efektif dalam meningkatkan hasil belajar, keterbatasan dalam pelaporan metodologi, seperti minimnya informasi demografis sampel dan kurang detailnya prosedur pengembangan, menjadi catatan penting bagi penelitian lanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan bahan ajar digital di madrasah yang responsif terhadap tantangan pembelajaran abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

schoulid

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Social Sciences

Description

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 ...