Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 11 (2024): Karimah Tauhid

Peran Komunikasi Visual dan Semiotika dalam Meningkatkan Efektivitas Iklan Produk Indomilk

Rahmadhina, Jestiana Al Kayrani (Unknown)
Lestari, Yulia Dwi (Unknown)
Fauziah, Evi Lia (Unknown)
Suryantara, Azallea Nasafka (Unknown)
Wiranty (Unknown)
Riska, Elda Apriana (Unknown)
Khoriunnisa, Hasna (Unknown)
Syahrani, Nikki Haura (Unknown)
Suhandi, Ratu Dea Nabila (Unknown)
Hafid, Reyshafa Syahada (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Komunikasi visual dalam periklanan sangat penting untuk menyampaikan pesan efektif kepada audiens, terutama dengan elemen visual seperti gambar, warna, dan simbol. Meski komunikasi visual telah dipahami, penggunaan semiotika, khususnya teori Charles Sanders Peirce, belum banyak diterapkan untuk menganalisis makna elemen-elemen tersebut, terutama dalam iklan untuk kalangan muda. Penelitian ini menganalisis iklan Indomilk yang menampilkan bintang K-pop (S.Coups, Wonwoo, dan Vernon) dengan pendekatan semiotika Peirce, mengkaji tanda, objek, dan interpretan dalam konteks budaya Korea yang populer. Temuan menunjukkan bahwa elemen visual seperti bintang K-pop dan simbol-simbol budaya Korea efektif menciptakan ikatan emosional dengan audiens muda, memperkuat keterkaitan produk dengan tren global. Studi ini menegaskan pentingnya pemahaman komunikasi visual dan semiotika dalam menciptakan kampanye iklan yang relevan dan efektif bagi audiens muda, meski membutuhkan penelitian lanjutan pada aspek emosional dan psikologis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...