Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 12 (2024): Karimah Tauhid

Penerapan Metode Inquiry-Based Learning di SDN Cisaat Gadis Kelas V dan VI

Hidayat, Ravi Raya (Unknown)
Rusi Rusmiati Aliyah (Unknown)
Sopan Sopian Apriansah (Unknown)
Andri, Andriansyah (Unknown)
Ardinan Al-farizi (Unknown)
Ridwansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Metode Inquiry-Based Learning (IBL) diterapkan di sekolah dasar untuk meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa selama pembelajaran. IBL memfokuskan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, di mana siswa secara mandiri terlibat dalam proses bertanya, menyelidiki, dan menemukan solusi berdasarkan rasa ingin tahu mereka. Penelitian ini mengkaji efektivitas IBL dalam mendorong minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas V dan VI SDN Cisaat Gadis. Melalui metode kualitatif, data dikumpulkan menggunakan observasi langsung, wawancara dengan guru, dan angket siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa metode IBL mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep yang dipelajari. Tantangan dalam penerapan IBL antara lain adalah kebutuhan pelatihan guru dan penyesuaian kurikulum. Secara keseluruhan, IBL menawarkan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mempersiapkan siswa menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan yang dinamis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...