Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 5 (2025): Karimah Tauhid

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Blooket terhadap Minat Belajar IPAS Siswa Kelas IV Di SDN Tajur 1

Rahmawati, Anggita (Unknown)
Rasmitadila (Unknown)
Rachma, Fikni Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Tajur 1 kelas IV masih menggunakan alat bantu proyektor dan slide presentasi. Media ini sering digunakan, tetapi tidak cukup untuk menarik perhatian siswa. Akibatnya, siswa tampak tidak terlibat aktif dalam pembelajaran, tidak antusias, dan tidak fokus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi interaktif, seperti Blooket, berdampak pada minat siswa dalam mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif semu (quasi-eksperimenal desain) dengan desain nonequivalent control group design pada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Blooket dan kelompok kontrol yang menggunakan media Bamboozle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Blooket secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa. Nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen (59) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (54). Uji t-test menunjukkan nilai signifikansi 0.000, yang lebih rendah dari 0.05, yang menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak yang menunjukan bahwa Blooket lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dan memberikan alternatif media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...