Model bisnis merupakan gambaran mengenai cara sebuah perusahaan menciptakan nilai tambah dalam dunia usaha, yang mencakup perpaduan antara produk, layanan, citra, distribusi. Dhieffi farm merupakan usaha tani yang berada di Kota Bekasi yang membudidayakan tanaman secara hidroponik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji upaya pengembangan dalam bidang usaha tani dengan menggunakan metode Business Model Canvas dan SWOT untuk merumuskan alternatif strategi perbaikan yang bisa digunakan oleh Dhieffi Farm. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan datayang diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui studi literatur, observasi lapangan, wawancara serta kuesioner. Sementara data sekunder berasal dari hasil karya ilmiah dan penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan metode pemetaan sembilan elemen Business Model Canvas dengan menganalisis setiap elemen tersebut untuk menghasilkan perbaikan model bisnis di Dhieffi farm. Perbaikan Business Model Canvas di Dhieffi farm yang dihasilkan berasal dari Business Model Canvas terdahulu dengan analisis SWOT. Analisis tersebut menghasilkan alternatif strategi perbaikan yaitu mengoptimalkan promosi pemasaran digital secara rutin dengan cara membuat konten semenarik mungkin dan konsisten untuk memperkuat branding, menambah variasi jenis produk untuk menambah segmen pasar baru.
Copyrights © 2025