Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi prinsip meaningful, mindful, dan joyful learning dalam pembelajaran mendalam di SDIT Jumapolo. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain studi kasus dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, dianalisis dengan model Miles dan Huberman, serta diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meaningful learning terwujud saat guru mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai Islam; mindful learning muncul melalui aktivitas yang mendorong siswa berpikir dan belajar secara sadar; sedangkan joyful learning diimplementasikan melalui pembelajaran kreatif, menyenangkan, dan partisipatif. Integrasi ketiga prinsip ini membentuk pembelajaran mendalam yang sesuai karakteristik siswa. Kebaruan penelitian ini terletak pada pemetaan terpadu tiga prinsip pembelajaran tersebut dalam konteks sekolah Islam terpadu tingkat dasar.
Copyrights © 2025