Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Teams Tournament Games (TGT) dalam pembelajaran teks deskripsi untuk meningkatkan social awareness siswa kelas IX-A SMPN 12 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah 35 siswa kelas IX-A SMPN 12 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan Skala Likert dan deksriptif yang mengacu pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TGT dapat meningkatkan social awareness siswa dengan peningkatan hasil belajar. Diperoleh presentase prasiklus dalam angket social awareness sebesar 50,38 kemudian meningkat 25,83% menjadi 76,21%, sedangkan pada siklus II juga lebih meningkat menjadi 81,5%. Di samping itu, terjadi peningkatan hasil belajar mulai prasiklus hingga siklus II. Rata-rata siswa pada prasiklus adalah 41,85 dengan tidak adanya siswa yang tuntas, rata-rata siklus I adalah 60,71 dengan 10 siswa yang tuntas, sedangkan rata-rata siklus II adalah 85,71 dengan total 21 siswa yang tuntas. Kata kunci: Teams Games Tournament, Social-awareness, Hasil belajar, Bahasa Indonesia
Copyrights © 2024