Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol 7 No 2 (2024): SASANDO OKTOBER 2024

Peningkatan Social Awareness Siswa SMP dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Melalui Teams Games Tournamen

Setiawan, Dinda Ayuni (Unknown)
Mohammad Rokib (Unknown)
Suwarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Teams Tournament Games (TGT) dalam pembelajaran teks deskripsi untuk meningkatkan social awareness siswa kelas IX-A SMPN 12 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah 35 siswa kelas IX-A SMPN 12 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan Skala Likert dan deksriptif yang mengacu pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TGT dapat meningkatkan social awareness siswa dengan peningkatan hasil belajar. Diperoleh presentase prasiklus dalam angket social awareness sebesar 50,38 kemudian meningkat 25,83% menjadi 76,21%, sedangkan pada siklus II juga lebih meningkat menjadi 81,5%. Di samping itu, terjadi peningkatan hasil belajar mulai prasiklus hingga siklus II. Rata-rata siswa pada prasiklus adalah 41,85 dengan tidak adanya siswa yang tuntas, rata-rata siklus I adalah 60,71 dengan 10 siswa yang tuntas, sedangkan rata-rata siklus II adalah 85,71 dengan total 21 siswa yang tuntas. Kata kunci: Teams Games Tournament, Social-awareness, Hasil belajar, Bahasa Indonesia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sasando

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang ...