Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol 8 No 1 (2025): SASANDO APRIL 2025

PERAN POJOK LITERASI DI SMA NEGERI 3 BREBES DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA

Afsun Aulia Nirmala (Unknown)
Ibda Binafsih (Unknown)
Tia Rizqi Aryani (Unknown)
Ukhtia Biki Inayah (Unknown)
Lhuhur Azy Pangestu (Unknown)
Ferdian Syah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Pojok literasi di SMA Negeri 3 Brebes merupakan salah satu inisiatif strategis yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan peran pojok literasi di SMA Negeri 3 Brebes dalam meningkatkan minat baca siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pojok literasi memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan minat baca siswa. Sebanyak 54,4% dari 44 responden menyatakan bahwa mereka merasa lebih tertarik membaca sejak adanya pojok literasi di sekolah. Namun demikian, terdapat kendala yaitu kurangnya variasi buku. Oleh karena itu, diperlukan pembaruan koleksi dan kegiatan literasi yang aktif agar pojok literasi dapat terus berfungsi secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sasando

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang ...