Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2023): Vol. 3 No. 2 (2023): Maret| Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra |

Upaya Peningkatan Hasil Belajar dalam Penulisan Pantun Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 11 Jangka

Marwati (Unknown)
Mahliani (Unknown)
Ibrahim, Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Pantun adalah sejenis puisi asli Melayu tradisional yang bersifat terikat, umumnya terdiri dari empat baris, dan penulisannya di lambangkan dengan huruf a-b-a-b. Pada saat memulai kelas berlangsung, seorang guru dibutuhkan keterampilan dalam penggunaan media, salah satunya adalah media gambar yang merupakan contoh alat bantu pandang yang berguna untuk membantu siswa memahami konsep tertentu yang ingin dikenalkan oleh guru. Adapun latar belakang masalah yaitu dalam keterampilan menulis pantun, kemampuan siswa masih belum optimal. Guru masih kesulitan dalam menentukan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai target yang diinginkan. Penelitian ini menelaah beberapa permasalahan, Pertama: Bagaimana aktivitas guru dalam mengajar dengan penggunakan media gambar pada menulis pantun di kelas V SDN 11 Jangka, Bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penggunakan media gambar pada menulis pantun di kelas V SDN 11 Jangka. dan Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada menulis pantun di kelas V SDN 11 Jangka. Ini merupakan jenis penelitian PTK. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa, serta melalui tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rata-rata dalam rumus persentase. Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar dalam menulis pantun, pada siklus I sudah mencapai katagori baik yaitu 81%. Sedangkan pada siklus II yaitu 92% dalam katagori baik sekali. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar dalam menulis pantun, siklus I di katagorikan 71% Baik. Sedangkan pada siklus II dapat dikatagorikan baik sekali yaitu 95%. Dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam menulis pantun di kelas V SDN 11 Jangka mengalami peningkatan yaitu pada siklus I belum mencapai ketuntasan hanya mencapai 40%. Sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan hingga 90%, Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi pantun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aliterasi adalah Jurnal Pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Almuslim berdasarkan p-ISSN:2745-4649 e-ISSN: 2746-6132 pada tahun 2020. Aliterasi, Jurnal Pendidikan, Bahasa ...