Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia
Vol. 5 No. 01 (2024): Vol. 5 No. 01 (2024): September | Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra Indones

Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Anak Penyandang Tunagrahita Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran di SLB Negeri Terpadu Bireuen

Ullia Safarina (Unknown)
Ezmar (Unknown)
Isnani, Wirdatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penerapan model pembelajaran dapat membantu dalam peningkatan hasl belajar. Pemilihan model pembelajaran dan strategi pembelajaran yang baik akan membuat peserta didik lebih mudah memahami dan cepat merespon pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini meneliti tentang keefektifan model pembelajaran picture and picture bagi anak penyandang tunagrahita dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model pembelajaran picture and picture bagi anak penyandang tunagrahita pada saat proses pembelajaran berlangsung dalam meningkatkan hasil belajarnya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa SLB Negeri Terpadu Bireuen kelas 2. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-test dan post-test Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat keefektifan penggunaan model pembelajaran picture and picture dengan nilai korelasi 0,0945 dengan korelasi sempurna dan nilai hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai t-hitung 2,887>t-tabel 2,353. Artinya penggunaan model pembelajaran picture and picture efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aliterasi adalah Jurnal Pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Almuslim berdasarkan p-ISSN:2745-4649 e-ISSN: 2746-6132 pada tahun 2020. Aliterasi, Jurnal Pendidikan, Bahasa ...