Pembelajaran fisika sering dianggap sulit oleh siswa karena konsepnya yang abstrak, khususnya pada materi usaha dan energi. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan website pembelajaran berbasis permainan edukasi menggunakan RPG Maker MZ yang dirancang dengan pendekatan Game-Based Learning (GBL) untuk kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC), mencakup tahap concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat layak dari ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media. Selain itu, hasil uji coba terhadap siswa menunjukkan bahwa penggunaan media ini mampu meningkatkan motivasi belajar, minat, serta pemahaman konsep siswa secara signifikan. Dengan demikian, website pembelajaran berbasis RPG Maker MZ merupakan alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fisika, khususnya usaha dan energi.
Copyrights © 2025