PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 3 (2025)

INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BINA TARUNA 1 MEDAN: STUDI FENOMENOLOGI

Yusri, Dairina (Unknown)
Saputra, Indra (Unknown)
Suari, Oppie Dini (Unknown)
Taqwa, Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menjelaskan tentang internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Bina Taruna 1 Medan. Moderasi sangat penting diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari untuk menjunjung tinggi persatuan, kemaslahatan, kebaikan dan perdamaian dunia. Salah satu upaya dalam membentuk moderasi beragama dapat diaplikasikan melalui pendidikan yakni memasukan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan respoden penelitian ini ditujukan kepada guru PAI dan siswa SMK Bina Taruna 1 Medan. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di SMK Bina Taruna 1 Medan yang dikembangkan melalui pembelajaran PAI, pada saat mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) berlangsung, siswa yang memeluk agama kristren, katholik dan hindu akan di arahkan menuju perpustakaan/kelas kosong untuk menerima pelajaran agama sesuai agama yang dianutnya. Kemudian nilai-nilai moderasi beragama dapat diaplikasikan melalui pembinaan keagamaan seperti sholat dzuhur dan sholat jum’at berjama’ah di masjid sekolah, pembiasaan tadarus al-qur’an sebelum memulai pelajaran pertama, pembinaan Rohis, dan Liqo’/ta’lim didampingi oleh pemateri dari luar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...