PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 2 (2025)

INTEGRASI PENDIDIKAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI RA AR-RUM MEDAN MARELAN

Syahindra, Ok. M. Daniel (Unknown)
Rosmiyanti (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)
Mariska (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Abstrak: Pendidikan anak usia dini tidak hanya berfokus pada pengembangan aspek kognitif, tetapi juga mencakup dimensi emosional, spiritual, dan sosial sebagai landasan pembentukan karakter anak di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana integrasi pendidikan emosional dan spiritual dapat mengembangkan kecerdasan sosial anak usia dini di RA Ar Rum Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan emosional dan spiritual diintegrasikan melalui kegiatan harian seperti pembiasaan doa, bercerita nilai-nilai moral, dan pengelolaan emosi anak dalam aktivitas bermain. Integrasi tersebut terbukti meningkatkan empati, kerjasama, serta kemampuan anak dalam mengatur perilaku sosialnya. Dengan demikian, pendidikan emosional dan spiritual berperan penting dalam menumbuhkan kecerdasan sosial anak secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...