Abstrak: Pendidikan anak usia dini tidak hanya berfokus pada pengembangan aspek kognitif, tetapi juga mencakup dimensi emosional, spiritual, dan sosial sebagai landasan pembentukan karakter anak di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana integrasi pendidikan emosional dan spiritual dapat mengembangkan kecerdasan sosial anak usia dini di RA Ar Rum Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan emosional dan spiritual diintegrasikan melalui kegiatan harian seperti pembiasaan doa, bercerita nilai-nilai moral, dan pengelolaan emosi anak dalam aktivitas bermain. Integrasi tersebut terbukti meningkatkan empati, kerjasama, serta kemampuan anak dalam mengatur perilaku sosialnya. Dengan demikian, pendidikan emosional dan spiritual berperan penting dalam menumbuhkan kecerdasan sosial anak secara holistik.
Copyrights © 2025