Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol. 10 No. 3 (2024): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Intervensi sosial-emosional dan pengembangan karakter terhadap persepsi diri siswa disertai aktivitas fisik

Setiawan, Iwan (Unknown)
Widyawan, Dena (Unknown)
Puspitorini, Wahyuningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh intervensi sosial-emosional dan pengembangan karakter selama 4 minggu terhadap persepsi diri siswa. Sampel penelitian ini kelas 5 Sekolah Dasar yang berjumlah 30 siswa dari 2 sekolah yang mengikuti program setelah sekolah.  Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental ketika anak-anak ditempatkan menjadi 2 kelompok di setiap lokasi program setelah sekolah. Instrumen yang digunakan yaitu skala pembelajaran sosial emosional(SPSE) sebelum intervensi dan skala sosial-emosional pengembangan karakter(SSEPK) sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data menggunakan 2X2 RM ANCOVA digunakan untuk mengevaluasi efek utama dan interaksi antara variabel independen (kelompok dan waktu) terhadap variabel dependen. Beberapa kovariat juga diperhitungkan ketika menganalisis perbedaan termasuk jenis kelamin, dan nilai sifat dasar siswa pada skala pembelajaran sosial emosional. Meskipun tidak ditemukan interaksi statistik, tren data antar kelompok memberikan informasi mengenai dampak dan kelayakan program jenis ini. Diperlukan lebih banyak penelitian termasuk intervensi dengan durasi lebih lama dan penelitian dengan ukuran sampel lebih besar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...