Kajian Linguistik dan Sastra
Vol 1, No 1 (2016)

POLA PENALARAN PENGGALAN TEKS MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DALAM BUKU SISWA KELAS VII KURIKULUM 2013

Handayani, Liza Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2016

Abstract

Proses menalar banyak digunakan dalam proses pembelajaran, karena dalam setiap proses belajar mengajar, siswa dan guru sama-sama berpikir dalammenentukan kebenaran. Bahkan, keduanya terdapat interaksi untuk saling bertukar pikiran. Melalui proses penalaran siswa menjadi paham mengenai suatukebenaran. Namun, tidak jarang siswa tidak paham terhadap proses mencapai kebenaran itu sendiri, bahkan siswa tidak memahami adanya logika dalam suatu pembelajaran. Hal ini ditunjukkan saat siswa mengikuti tes potensi akademik (TPA) maupun tes IQ yang seringkali menggunakan kemampuan logika penalaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola penalaran penggalan teksmateri ajar bahasa Indonesia dalam buku siswa kelas VII kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif eksplanatif. Data penelitian adalah materi ajar berupa penggalan teks materi ajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data mengalir model Miles dan Huberman. Hasil penelitianini menunjukkan pola penalaran sesuai dengan tahap pendekatan saintifik. Pola penalaran yang terwujud yaitu proses menalar deduktif, analogi induktif,analogi deduktif, proses hubungan antar fenomena sebab-akibat, akibat-sebab, dan sebab-akibat 1-akibat 2. Muncul pola baru yaitu hubungan sebab-akibat 1-akibat 2-akibat 3, dan hubungan sebab-rangkaian akibat.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

KLS

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Language studies, covering sociolinguistics, psycolinguistics, translation, lexicography, comparative linguistics, computational linguistics, and anthropological ...