Abstrak: Mampukah Iklim Organisasi Memoderasi Pengaruh Konflik Peran terhadap Stres Kerja Dosen? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklim organisasi mampu memoderasi pengaruh konflik kerja terhadap stres kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain survei yang melibatkan 58 dosen UNY melalui teknik purposive sampling. Analisis dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, hipotesis, dan Moderate Regression Analysis (MRA) dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan konflik peran berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kerja dosen UNY. Artinya semakin tinggi tingkat konflik peran seseorang, maka semakin tinggi pula stres yang dialami. Sementara itu, iklim organisasi mampu memoderasi pengaruh konflik peran terhadap stres kerja secara negatif dan signifikan. Artinya, semakin positif iklim organisasi, semakin berkurang pengaruh konflik peran terhadap stres kerja. Temuan ini mengindikasikan pentingnya memanajemen peran yang dimiliki dan organisasi dalam mengelola iklim organisasi untuk meminimalkan stres kerja. Penelitian ini menyarankan untuk dilakukan penelitian serupa di perguruan tinggi lain dengan menambah variabel dan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam. Penelitian ini memiliki implikasi pada penambahan pemahaman terkait iklim organisasi dalam memoderasi pengaruh antara konflik peran terhadap stres kerja dan menjadi landasan bagi perguruan tinggi dalam menciptakan kebijakan iklim organisasi yang positif. Kata kunci: dosen; konflik peran; iklim organisasi; stres kerja; UNY  Abstract: Can Organizational Climate Moderate the Effect of Role Conflict on Lecturers' Job Stress? This study aims to examine whether organizational climate can moderate the effect of work conflict on job stress. This research employs a quantitative approach with a survey design involving 58 lecturers at Yogyakarta State University (UNY), selected through purposive sampling. The analysis was conducted using validity and reliability testing, classical assumption testing, hypothesis testing, and Moderate Regression Analysis (MRA) with the assistance of IBM SPSS Statistics 21. The findings indicate that role conflict has a positive and significant effect on lecturers’ job stress at UNY, meaning that the higher the level of role conflict, the greater the stress experienced. Meanwhile, organizational climate is found to negatively and significantly moderate the effect of role conflict on job stress. In other words, the more positive the organizational climate, the weaker the effect of role conflict on job stress. These findings highlight the importance of managing individual roles and organizational efforts in fostering a positive climate to minimize job stress. The study suggests conducting similar research at other higher education institutions by including additional variables and employing a qualitative approach to gain deeper insights. This research contributes to the understanding of the moderating role of organizational climate in the relationship between role conflict and job stress and serves as a foundation for universities in formulating policies to promote a positive organizational climate. Keyword: lecturers; role conflict; organizational climate; job stress; UNY;
Copyrights © 2025