JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 2, Number 1, June 2017

Efektivitas Layanan Informasi Karier Tekstil Dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa

Humaerawati, Humaerawati (Unknown)
Munir, Abd (Unknown)
Syahran, Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2018

Abstract

 Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kesiapan kerja siswa dibidang tekstil sesudah diberikan layanan informasi karier tekstil lebih baik dibandingkan dengan sebelum diberikan layanan informasi karier tekstil. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan  tentang tekstil dan kesiapan kerja siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi tekstil. Subjek penelitian ini berjumlah 20 orang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah angket. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistik yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95 %. Hasil analisis deksriptif menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa dibidang tekstil sebelum diberikan layanan informasi tekstil yaitu 40% siswa yang memiliki kesiapan kerja dibidang tekstil yang baik, 50% siswa yang memiliki kesiapan kerja dibidang tekstil yang  kurang baik, dan 10 % siswa yang memiliki kesiapan kerja dibidang tekstil tidak baik. Sesudah diberikan layanan informasi tekstil maka terjadi peningkatan kesiapan kerja dibidang tekstil yaitu 15% siswa memiliki kesiapan kerja yang sangat baik, 75% siswa yang memiliki kesiapan kerja dibidang tekstil yang baik, dan 10% siswa yang memiliki kesiapan kerja dibidang tekstil yang kurang baik, serta 0% siswa yang memiliki kesiapan kerja yang tidak baik. Berdasarkan pengujian hipotesis nol disimpulkan bahwa peningkatan kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan tekstil SMK N 5 Palu  setelah diberikan layanan informasi karier tekstil lebih baik dibandingkan sebelum diberikan layanan informasi karier tekstil.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...