Kajian Linguistik dan Sastra
Vol 22, No 1 (2010)

PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR MEMBACA MENULIS PERMULAAN DENGAN PENDEKATAN ATRAKTIF DI SEKOLAH DASAR KAWASAN MISKIN KOTA SURAKARTA

Andayani, Andayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2010

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyusun produk awal berbentuk bahan ajar membacamenulis permulaan dengan pendekatan atraktif yang tepat untuk diterapkan diSD kawasan miskin Kota Surakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakanmetode research and development (R&D) dan mendapatkan hasil bahwa pada tahapeksplorasi ditemukan kebutuhan bahan ajar yang menarik untuk diterapkan diSD-SD kawasan miskin Kota Surakarta, sehingga dikembangkan bahan ajar denganpendekatan atraktif. Proses pengembangan dilaksanakan melalui observasi,wawancara, dan lokakarya. Berdasarkan hasil uji keefektifan ditemukan bahwabahan ajar dengan pendekatan atraktif dapat digunakan untuk meningkatkankompetensi membaca menulis permulaan secara efektif dan berterima.Kata Kunci: membaca-menulis permulaan, atraktif, kawasan miskin

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

KLS

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Language studies, covering sociolinguistics, psycolinguistics, translation, lexicography, comparative linguistics, computational linguistics, and anthropological ...