Manuju : Malahayati Nursing Journal
Vol 6, No 7 (2024): Volume 6 Nomor 7 2024

Pengaruh Kinetic Play Sand Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Bina Putra dan TK Dian Pratama

Arafah, Nurul Aqidah (Unknown)
Mariyani, Mariyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

ABSTRAK Pada masa anak prasekolah merupakan proses pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat, sehingga membutuhkan stimulasi yang intensif dari lingkungan sekitarnya untuk mendukung masa depannya mendatang (Akmaliyah, 2013). Diketahuinya pengaruh kinetic play sand terhadap kreativitas pada anak usia pra sekolah di TK Bina Putra dan TK Dian Pratama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian case control. Jenis penelitian ini memiliki ciri melakukan perbandingan antara TK Bina Putra dan TK Dian Pratama untuk melihat perbedaan kreativitas anak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 anak usia 5-6 tahun dari TK Bina Putra dan TK Bina Dian Pratama. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling. Hasil pretest kreativitas pada TK Bina Putra yaitu sebesar 86,7% dan TK Dian Pratama sebesar 100%. Pada hasil posttest didapatkan sebesar 56,7% di TK Bina Putra dan 53,3% di TK Dian Pratama. Hasil uji statistik dengan Wilcoxon yang dilakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara skor kreativitas pretest dan posttest pada anak usia pra sekolah di TK Bina Putra dan TK Dian Pratama (p-value <0,05) dan Z berselisih negatif. Adanya intervensi berupa permainan kinetic playsand terhadap kreativitas anak usia pra sekolah dianggap efektif untuk meningkatkan kreativitas anak. Oleh karena itu, diharapkan dari hasil penelitian ini orang tua, guru tempat anak belajar dan sekolah dapat memberikan perhatian lebih dalam proses tumbuh kembang anak. Kata Kunci: Anak Pra Sekolah, Kinetic Play Sand, Kreativitas  ABSTRACT During the preschool years, the process of growth and development is very rapid, so it requires intensive stimulation from the surrounding environment to support their future (Akmaliyah, 2013). The known effect of kinetic play sand on creativity in preschool-aged children at Bina Putra and Dian Pratama Kindergarten in 2023. Methodology This research is a quantitative study with a case control research design. This type of research has the characteristic of making a comparison between Kindergarten Bina Putra and Kindergarten Dian Pratama to see differences in children's creativity. The population in this study was 60 children aged 5-6 years from Bina Putra Kindergarten and Bina Dian Pratama Kindergarten. The sample technique used is total sampling. Research Methods : The creativity pretest results in Bina Putra Kindergarten were 86.7% and Dian Pratama Kindergarten were 100%. The results of the posttest were 56.7% in Bina Putra Kindergarten and 53.3% in Dian Pratama Kindergarten. The results of statistical tests conducted by Wilcoxon showed that there was a significant difference between pretest and posttest creativity scores in pre-school aged children at Bina Putra Kindergarten and Dian Pratama Kindergarten (p-value <0.05) and Z was negative. The existence of an intervention in the form of kinetic playsand games on the creativity of pre-school age children is considered effective in increasing children's creativity. Therefore, it is hoped that from the results of this study parents, teachers where children study and schools can pay more attention to the process of child development. Keywords: Preschoolers, Kinetic Play Sand, Creativity

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

manuju

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

MANUJU : Malahayati Nursing Journal merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada hasil penelitian dan ilmu-ilmu di bidang kesehatan yang dikembangkan dengan pendekatan interdispliner dan multidisiplin. Proses penerimaan naskah selalu terbuka setiap waktu, naskah yang sudah disubmit oleh penulis ...