Kajian Linguistik dan Sastra
Vol 27, No 2 (2015)

PENINGKATAN KEBERANIAN BERBICARA DAN KEMAMPUAN MEMBACA GRAFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

Sukawati, Eda (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2017

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk meningkatkankeberanian siswa berbicara dan meningkatkan kemampuan membaca grafikmelalui metode pembelajaran lempar bola salju untuk siswa kelas XI B, SMANMASUK pada semester kedua tahun akademik 2014/2015. Penelitian inidilaksanakan dalam dua siklus. Hasil siklus pertama dan kedua menunjukkanbeberapa perbaikan pada keberanian siswa berbicara serta kemampuan untukmembaca grafik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keberanianberbicara. Pada penelitian awal, hasilnya adalah 22,6%. Nilai meningkatmenjadi 65,3% pada siklus pertama, dan terus meningkat menjadi 75% padasiklus kedua. Kalimat yang digunakan oleh siswa menjadi lebih baik danbervariasi. Rata-rata nilai pada penelitian awal hanya 46,1 dan menjadi 56,1pada siklus pertama dan meningkat secara signifikan pada siklus kedua 81,41.Kata kunci: keberanian berbicara, membaca grafik, melempar bola salju

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

KLS

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Language studies, covering sociolinguistics, psycolinguistics, translation, lexicography, comparative linguistics, computational linguistics, and anthropological ...