Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 9 No 1 (2025)

ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA DISKOMINFO KOTA SABANG MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 2019

Mustaqfirah, Juwina (Unknown)
Dwitawati, Ima (Unknown)
Rizal, Muhammad Syamsu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tata kelola teknologi informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Sabang menggunakan framework COBIT 2019. Tata kelola teknologi informasi yang efektif diperlukan untuk mendukung pelayanan publik yang optimal dan meningkatkan kualitas sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis, dengan pendekatan kuantitatif untuk mengukur kapabilitas tata kelola. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses inti yang penting bagi DISKOMINFO Kota Sabang termasuk dalam kategori kapabilitas level 3 dan 4, seperti EDM03 (Ensured Risk Optimization), APO12 (Managed Risk), APO13 (Managed Security), dan BAI10 (Managed Configuration), DSS02 (Managed Service Requests and Incidents), DSS03 (Managed Problems), DSS04 (Managed Continuity), DSS05 (Managed Security), MEA03 (Managed Compliance with External Requirements) dan MEA04 (Managed Assurance). Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi DISKOMINFO Kota Sabang untuk meningkatkan kapabilitas tata kelola teknologi informasi dalam mendukung tujuan bisnis dan operasional, serta memastikan bahwa risiko teknologi informasi dikelola dengan baik. Implementasi hasil analisis ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kinerja dan kualitas layanan publik yang diberikan oleh DISKOMINFO Kota Sabang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cyberspace

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi is an open access, peer-reviewed journal that will consider any original scientific article that expands the field of information technology education and various other related applied computer sciences themes. The journal publishes articles of ...