ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2024): ELIPS, Maret 2024

LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG LIMAS SEGITIGA SISWA KELAS V

Rahmadianti, Annisa (Unknown)
Fuadiah, Nyiayu Fahriza (Unknown)
Surmilasari, Nora (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa pada materi volume bangun ruang limas segitiga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 7 Prabumulih dan guru kelas V. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Jenis learning obstacle yang difokuskan pada penelitian ini adalah ontogenic obstacle, didactical obstacle dan epistemological obstacle. Identifikasi learning obstacle pada penelitian ini dapat dilihat dari tes diagnostik learning obstacle, hasil wawancara guru dan siswa, hasil analisis RPP dan bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat hambatan belajar pada materi volume bangun ruang limas segitiga yaitu 1) Ontogenic obstacle, terkait kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika, kurang kesiapan dan kurangnya pengusaan konsep dasar materi, 2) Didactical obstacle, terkait perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran, 3) Epistemological obstacle, terkait siswa tidak memahami cara menentukan volume limas segitiga, siswa tidak memahami strategi penyelesaian soal, siswa tidak memahami menyelesaikan masalah dalam volume limas segitiga pada soal cerita.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...