Tari Dolalak merupakan salah satu bentuk tarian tradisional daerah Purworejo Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat budaya lokal melalui kacamata etnomatematika dan penerapannya dalam budaya lokal saat ini, serta mengubah matematika untuk meningkatkan minat belajar. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah teknik penelitian kepustakaan atau yang sering disebut dengan studi pustaka untuk mengetahui bentuk-bentuk kebudayaan yang ada di daerah Purworejo khususnya tari dolalak yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Hasil dari penelitian mengungkapkan terdapat beberapa aspek dari tari dolalak yang dapat diterapkan dalam pembelajaran etnomatematika. Beberapa aspek tersebut meliputi bentuk bangun datar dari pola gera tari, waktu yang diperlukan dalam tari, bentuk gerakan yang diimplementasikan dengan Fibonacci sequence dan prinsip simetri, ritme gerakan serta ketukan yang diimplementasikan dengan metrum dan fraktal, perhitungan jarak dan waktu, pembagian ruang dalam formasi penari, dan transisi gerakan dalam beberapa waktu. Temuan ini dapat diterapkan pada pendidikan matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep abstrak dan meningkatkan kesadaran budaya.
Copyrights © 2024