ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2024): ELIPS, Maret 2024

ETNOMATEMATIKA TARI DOLALAK ASAL PURWOREJO DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

P.S., Fidencia Mytha (Unknown)
Prabawa, Dionisius Dhina (Unknown)
R., Marcellinus Andy (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2024

Abstract

Tari Dolalak merupakan salah satu bentuk tarian tradisional daerah Purworejo Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat budaya lokal melalui kacamata etnomatematika dan penerapannya dalam budaya lokal saat ini, serta mengubah matematika untuk meningkatkan minat belajar. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah teknik penelitian kepustakaan atau yang sering disebut dengan studi pustaka untuk mengetahui bentuk-bentuk kebudayaan yang ada di daerah Purworejo khususnya tari dolalak yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Hasil dari penelitian mengungkapkan terdapat beberapa aspek dari tari dolalak yang dapat diterapkan dalam pembelajaran etnomatematika. Beberapa aspek tersebut meliputi bentuk bangun datar dari pola gera tari, waktu yang diperlukan dalam tari, bentuk gerakan yang diimplementasikan dengan Fibonacci sequence dan prinsip simetri, ritme gerakan serta ketukan yang diimplementasikan dengan metrum dan fraktal, perhitungan jarak dan waktu, pembagian ruang dalam formasi penari, dan transisi gerakan dalam beberapa waktu. Temuan ini dapat diterapkan pada pendidikan matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep abstrak dan meningkatkan kesadaran budaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...