ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2024): ELIPS, Maret 2024

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE

Asrinan, Asrinan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII. 4 UPTD SMP Negeri 4 Parepare yang berjumlah 26 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar tes uraian sebanyak 3 nomor pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) untuk mengetahui kemampuan HOTS dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare sebanyak 26 responden dimana Skor rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 70,91 dan standar deviasi sebesar 9,04

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...