ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2025): ELIPS, Maret 2025

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Innawati, Innawati (Unknown)
Nasir, A. Muhajir (Unknown)
Rahmawati, Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan keefektifan penerapan model ini terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 3 Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pre-test-Post-test Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan mencakup tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain ternormalisasi siswa adalah 0,79, yang masuk dalam kategori tinggi. Uji hipotesis menggunakan One Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,025), yang menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Quiz Team. Dari hasil observasi, sebanyak 80,92% siswa aktif dalam pembelajaran, dan angket respons menunjukkan 90,18% siswa memberikan respons positif terhadap model pembelajaran ini. Kesimpulannya, penerapan model Quiz Team dalam pembelajaran matematika efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Pangkep.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...