Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Web-Gis (Web Based Geographic Information System) terhadap kecerdasan spasial siswa pada mata pelajaran geografi. metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pretest dan posttest, Uji Hipotesis T-test dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Web-Gis berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan spasial siswa. pada hasil pretest kecerdasan spasial siswa adalah 62,35. Sedangkan hasil postest yang dilakukan setelah diberikan perlakuan menggunakan Web-Gis diperoleh nilai 98,18. berdasarkan perhitungan statistik Uji T-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji N-Gain penggunaan Web-GIS dapat meningkatkan Kecerdasan Spasial Siswa sebesar 95,1 % dari sebelum diberikan perlakuan sampai setelah diberikan perlakuan, hal ini terlihat dari skor rata-rata nilai N – Gain yaitu sebesar 0,951 yang termasuk dalam kategori tinggi.
Copyrights © 2023