Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Vol. 12 No. 2: Desember 2024

Peran Pojok Literasi Kuta Padang (PLKP) untuk meningkatkan literasi anak dalam membangun SDGs

Lingga, Iyana Monina (Unknown)
Batubara, Abdul Karim (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2025

Abstract

Pojok Literasi Kuta Padang (PLKP) merupakan komunitas yang giat pada isu literasi di kalangan anak-anak usia dini dan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Pojok Literasi Kuta Padang (PLKP) untuk meningkatkan literasi anak dalam membangun SDGs khususnya pada pilar ke 4 dan 5.Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumetasi. Dalam peneliitian ini , peneliti menggunakan uji keabsahan data melalui triangulasi data. Analisis data yang dilakukan mengacu pada model Miles dan Huberman. Pojok Literasi Kuta Padang memiliki peranan penting untuk meningkatkan literasi anak.Semua program yang dilaksanakan PLKP bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi anak-anak khususnya dalam hal membaca dan menulis. Untuk mendukung pilar SDGs yang ke 5 yaitu kesetaraan gender, PLKP menekankan bahwa tidak ada ketimpangan yang terjadi antara pria dan wanita dalam program yang dijalankan oleh PLKP. Khususnya perempuan, PLKP menekankan tidak membatasi pergerakan perempuan dalam jalannya program-program yang dibuat oleh PLKP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pustakakarya

Publisher

Subject

Arts Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel dengan topik Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. Terbit setiap 2 kali dalam satu tahun di bulan Juni dan ...