Pembelajaran bahasa Arab sering dihadapkan pada tantangan dalam mempertahankan minat belajar siswa. Hal ini terutama disebabkan oleh kompleksitas bahasa tersebut dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Latar belakang penelitian ini mencatat bahwa meskipun bahasa Arab penting dalam konteks global, minat belajar terhadap bahasa tersebut cenderung menurun di antara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penggunaan buku ajar dalam bentuk komik sebagai metode alternatif untuk meningkatkan minat belajar bahasa Arab di kalangan siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan desain eksperimen, dimana kelompok uji coba menggunakan buku komik dan kelompok patokan menggunakan buku teks konvensional. Data yang dikutip dari sumber sekunder sebagai dasar penelitian ini adalah kuesioner dan penilaian. Hasil survei menunjukkan bahwa 72,74% dari kuesioner mengenai minat siswa terhadap buku teks komik tergolong positif. Hasil akhir dari Paired Samples T adalah 0,000, yang berada di bawah tingkat signifikansi 0,05. Ini memberikan gambaran bahwa hipotesis nol (H0) dapat ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan buku teks komik secara signifikan meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran bahasa Arab jika dibandingkan dengan buku teks konvensional.
Copyrights © 2024