Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas I SD. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan MC Taggart, yang dalam pelaksanaannya menggunakan dua siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah siswa kelas I UPT SDN Kingking 1 yang berjumlah 19 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dll. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Setelah melaksanakan kegiatan penelitian dalam dua siklus model ini terbukti efektif meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa melalui aktivitas kolaboratif tim, permainan interaktif, dan turnamen yang menarik. Dengan demikian, kombinasi model TGT dan aplikasi Wordwall dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025