Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming dan price discount secara parsial maupun simultan terhadap minat beli produk Madame Gie pada Generasi Z pengguna e-commerce Shopee di Kota Jambi serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli produk tersebut. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan data penelitian diperoleh dari angket yang dibagikan kepada Generasi Z Kota Jambi melalui Google Form. Setelah angket dibagikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS 26.0. Berdasarkan hasil penelitian, uji F menunjukkan bahwa secara simultan live streaming dan price discount berpengaruh signifikan terhadap minat beli di mana nilai F hitung > F tabel, yaitu 53,299 > 3,094. Hasil uji T menunjukkan bahwa variabel live streaming (X₁) memiliki nilai signifikansi 0.000 < 0.05, begitu juga dengan variabel price discount (X₂) yang memiliki nilai signifikansi 0.005 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk Madame Gie pada Generasi Z pengguna e-commerce Shopee. Namun, live streaming memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat beli produk Madame Gie di e-commerce Shopee. Diperoleh nilai R² sebesar 0.534, yang berarti variabel independent (live streaming dan price discount) dapat menjelaskan variabel dependen (minat beli produk Madame Gie pada Generasi Z pengguna e-commerce Shopee) sebesar 53,4%, sedangkan 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Copyrights © 2025