Rendahnya interaksi siswa dalam kegiatan pembelajaran menjadi dasar dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui media permainan edukasi dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan desain oleh Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN 03 Taman pada kelas III dengan 17 siswa sebagai subjek penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media permainan edukasi dengan model pembelajaran TGT. Hasil persentase hasil belajar siswa disajikan sebagai berikut: pada pra-siklus (35,3%), siklus I (64,7%), dan siklus II (88,2%). Berdasarkan hasil persentase hasil belajar siswa pada siklus II yang mencapai 88,2%, dapat disimpulkan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai, sehingga penelitian pada tahap siklus II dapat dikatakan berhasil. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dapat dicapai melalui implementasi media permainan edukasi dengan model pembelajaran TGT.
Copyrights © 2025