Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran teknologi dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas sistem pendidikan di Indonesia dan Amerika Serikat, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan teknologi pendidikan di Indonesia dibandingkan dengan Amerika Serikat dan untuk mengetahui perbedaan strategi dan pendekatan penggunaan teknologi dalam pendidikan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, penelitian kepustakaan melibatkan pengumpulan laporan dan data secara ekstensif dengan menggunakan berbagai literatur, artikel, buku, catatan, majalah, referensi lain, dan temuan penelitian terdahulu relevan. Hasil penelitian ini adalah Teknologi informasi dan komunikasi berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan Amerika Serikat. Indonesia memanfaatkan teknologi untuk pemerataan akses pendidikan, terutama di wilayah terpencil, namun masih menghadapi kendala infrastruktur, pelatihan guru, dan anggaran. Sebaliknya, Amerika Serikat telah mengintegrasikan teknologi canggih seperti AI dan VR untuk pembelajaran personal dan interaktif, didukung oleh infrastruktur yang merata dan kebijakan yang terdesentralisasi.
Copyrights © 2025