Transformasi pendidikan di era digital menuntut penggunaan media pembelajaran inovatif yang mampu mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21. Salah satu media yang semakin populer adalah Scratch, sebuah platform pemrograman visual berbasis blok yang dirancang untuk memudahkan siswa dalam belajar konsep algoritma, logika, dan berpikir komputasional. Kajian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas penggunaan Scratch dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan kajian pustaka sistematis. Sebanyak 12 artikel ilmiah yang terbit antara tahun 2021 hingga 2024 dianalisis menggunakan metode tematik, mencakup aspek hasil belajar, motivasi siswa, peran guru, serta tantangan implementasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa Scratch memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar, kreativitas, serta keterlibatan siswa dalam pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, Scratch juga mendorong kolaborasi, komunikasi, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Penerimaan positif dari guru dan siswa juga menunjukkan bahwa platform ini dapat dengan mudah diintegrasikan dalam berbagai jenjang dan konteks pembelajaran. Oleh karena itu, Scratch dapat dianggap sebagai media pembelajaran digital yang efektif, inklusif, dan relevan untuk mendukung transformasi pendidikan di era digital.
Copyrights © 2025