Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membangun hubungan sosial anak berkebutuhan khusus. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru SLB PGRI Kamal Bangkalan. Proses pengumpulan data dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Mei 2025, dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif, data yang diperoleh akan dianalisis, diringkas, dikaitkan dengan penelitian sebelumnya, dan disajikan dalam bentuk narasi deskriptif tanpa melibatkan angka-angka statistik. Sejalan dengan penelitian sebelumnya, bahwa anak berkebutuhan khusus memiliki kesulitan dalam berhubungan sosial. Seiring dengan berjalannya waktu, hubungan sosial anak berkebutuhan khusus semakin meningkat karena ada upaya-upaya yang dilakukan guru. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, guru memiliki peran penting dalam membangun hubungan sosial anak berkebutuhan khusus. Strategi dan pendekatan yang diterapkan maupun apresiasi yang diberikan dapat meningkatkan kepercayaan diri anak, kenyamanan dalam bergaul, serta menunjukkan empati kepada teman-temannya. Strategi, pendekatan, dan apresiasi yang diciptakan guru akan lebih optimal apabila ada keterlibatan dari orang tua.
Copyrights © 2025