Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google formulir sebagaiĀ media evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) An Najah, yang terletak di Desa Pasongsongan, Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and developmen/ R&D) untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan, bukan untuk menguji teori. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE Reiser and Molled. Adapun tahapan dalam penelitian R&D ini adalah (1) tahap analisis model yaitu mengidentifikasi obyek penelitian; (2) tahap desain model yaitu merancang media evaluasi yang akan digunakan; (3) tahap development, yaitu mempersiapkan bahan pengajaran; (4) tahap implementasi; dan (5) tahap evaluasi, sehingga data yang diperoleh dianalisis secara mendalam sesuai dengan objek penelitian yang menjadi fokus utama. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan berbagai metode, antara lain wawancara, dokumentasi, serta observasi. Melalui ketiga metode ini, peneliti memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai tahapan perencanaan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan di MI An Najah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI An Najah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, terutama melalui penggunaan Google Form. Penggunaan Google Form sebagai alat evaluasi juga menunjukkan inovasi yang selaras dengan perkembangan teknologi, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan efisiensi proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI An Najah Pasongsongan, Sumenep.
Copyrights © 2025