Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan modifikasi perilaku menggunakan model token economy dalam mengatasi kecanduan bermain game online pada mahasiswa. Kecanduan game online telah menjadi isu yang semakin relevan di era globalisasi dan teknologi saat ini, seringkali mengganggu rutinitas harian dan aktivitas akademik mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah seorang mahasiswa berusia 20 tahun yang menunjukkan pola bermain game online berlebihan, menghabiskan rata-rata 4 jam 17 menit per hari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen single-case tipe A-B. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, dan penggunaan indikator kecanduan game online untuk mendapatkan data baseline perilaku subjek sebelum intervensi. Setelah intervensi token economy selama satu minggu, hasil menunjukkan penurunan signifikan durasi bermain game online subjek. Rata-rata durasi bermain turun dari 4 jam 17 menit menjadi 3 jam 23 menit per hari, atau sebesar 21%. Penurunan ini mengindikasikan bahwa model token economy terbukti efektif dalam mengurangi perilaku kecanduan game online pada mahasiswa.
Copyrights © 2025