Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Cashback (X1), Diskon (X2) terhadap Minat Beli (Y) Mahasiswa STIE Mahardhika Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner melalui Googleform. Sampel penelitian adalah Mahasiswa STIE Mahardhika Surabaya dengan teknik pengambil sampel purposive sampling dengan 375 responden. Model uji yang menggunakan Software SPSS versi 21 yang terdiri dari uji instrumental (uji validitas dan uji reabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji moktikoleniaritas, dan uji heterokedastisitas), uji regresi linear berganda dan uji hipotesis (uji t, uji f, dan uji determinasi), dimana bahwa secara parsial Cashback, Diskon berpengaruh signifikan dan positif terhadap Minat Beli Mahasiswa STIE Mahardhika Surabaya. Pada uji t simultan kedua variabel bebas yaitu Cashback , dan Diskon secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif pada peningkatan Minat Beli Mahasiswa dengan hasil uji t = 0,025 : 375 â 2 â 1 = 1,966. Pada uji f simultan kedua variabel bebas yaitu Cashback, dan Diskon berpengaruh signifikan dan positif pada peningkatan Minat Beli Mahasiswa dengan hasil uji f = 2 : 375 â 2 = 3,02. Saran dari penelitian ini mendorong Shopee untuk meningkatkan efektivitas promosi dengan menyediakan Cashback yang lebih fleksibel seperti saldo ShopeePay atau potongan langsung, serta mengutamakan Diskon nominal yang lebih disukai mahasiswa. Penyesuaian bentuk dan waktu promosi diharapkan dapat meningkatkan minat beli dan loyalitas mahasiswa sebagai konsumen.
Copyrights © 2025