Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan agama Islam menggunakan media multimédia dan kendala yang dihadapi di MAN Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan gejala, peristiwa, atau peristiwa saat ini. Penelitian kualitatif melihat perspektif partisipan tentang strategi yang interaktif dan dapat disesuaikan. Untuk mengumpulkan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan. Setelah data dikumpulkan, mereka kemudian dianalisis melalui analisis reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menggunakan teknologi multimedia seperti video, gambar, PowerPoint, dan Microsoft Word, serta komputer dan teknologi telekomunikasi. Mereka juga telah menerapkan proses pembelajaran PAI sesuai dengan RPP dan teori pembelajaran Gagne. Sebanyak 92% siswa menunjukkan respons positif. Ditunjukkan bahwa siswa lebih tertarik dengan pembelajaran melalui multimedia dibandingkan dengan pembelajaran hanya melalui ceramah dan cerita. 4) Ditemukan bahwa beberapa kendala yang dihadapi guru dan kebijakan yang mereka gunakan untuk mengatasi kendala tersebut belum sepenuhnya tepat.
Copyrights © 2023