Scholastica : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 6 No. 2 (2024): November 2024

Transformasi Digital dalam Pendidikan Agama Islam: Kajian Implementasi Metaverse sebagai Media Pembelajaran Interaktif

Amrullah, Amrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Metaverse sebagai inovasi dalam teknologi digital menawarkan peluang baru dalam pembelajaran interaktif berbasis virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Metaverse dalam pembelajaran PAI serta efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan pendekatan kualitatif dengan analisis terhadap berbagai sumber akademik dan praktik terbaik dalam penerapan teknologi Metaverse di bidang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metaverse mampu meningkatkan interaktivitas, keterlibatan peserta didik, serta memperkaya pengalaman belajar berbasis realitas virtual yang lebih mendalam. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam penerapan Metaverse dalam PAI, seperti kesiapan infrastruktur, keterampilan digital tenaga pendidik, serta aspek etika dan nilai-nilai Islam dalam lingkungan digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

scholastica

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences

Description

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The ...