Pembelajaran IPS saat ini terkesan hafalan sehingga berdampak pada pemahaman materi siswa masih rendah. Berpijak dari masalah tersebut, perlu adanya suatu pendekatan yang dapat mengarahkan siswa dalam belajar lebih intergrasi, lebih mengena dan produktif yaitu pendekatan keterampilan proses sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pendekatan keterampilan proses sosial. Metode yang digunakan yakni penelitian Tindakan kelas dengan model Kemmis dan MC Taggart. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang dipergunakan yaitu lembar tes, dan observasi. Hasil penelitian memperoleh adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I memperoleh rataan nilai 74,64 sedangkan untuk siklus II rataan nilai siswa naik jadi 87,23. Kenaikan dari siklus I dan siklus II sebesar 12,59. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses sosial memberi dampak baik pada hasil belajar IPS. Untuk keterampilan proses sosial selama proses pembelajaran menunjukan adanya peningkatan setiap sintaknya yaitu Peer relational skill dan Academics skils. Pembelajaran IPS melalui model keterampilan proses sosial ini lebih mengena, antuasias, dan menyenangkan dalam menganalisis masalah dalam Sejarah.
Copyrights © 2023