Tunas Nusantara
Vol 5, No 2 (2023)

IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nurjanah, Septiani (Unknown)
Ismaya, Erik Aditia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran IPS saat ini terkesan hafalan sehingga berdampak pada pemahaman materi siswa masih rendah. Berpijak dari masalah tersebut, perlu adanya suatu pendekatan yang dapat mengarahkan siswa dalam belajar lebih intergrasi, lebih mengena dan produktif yaitu pendekatan keterampilan proses sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pendekatan keterampilan proses sosial. Metode yang digunakan yakni penelitian Tindakan kelas dengan model Kemmis dan MC Taggart. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang dipergunakan yaitu lembar tes, dan observasi. Hasil penelitian memperoleh adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I memperoleh rataan nilai 74,64 sedangkan untuk siklus II rataan nilai siswa naik jadi 87,23. Kenaikan dari siklus I dan siklus II sebesar 12,59. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses sosial memberi dampak baik pada hasil belajar IPS. Untuk keterampilan proses sosial selama proses pembelajaran menunjukan adanya peningkatan setiap sintaknya yaitu Peer relational skill dan Academics skils.  Pembelajaran IPS melalui model keterampilan proses sosial ini lebih mengena, antuasias, dan menyenangkan dalam menganalisis masalah dalam Sejarah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtn

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Tunas Nusantara p-ISSN: 2656-3223; e-issn: 2746-5675 is peer reviewed open-access journal published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara focuses on conceptual notions, studies and application of theories, practitioners writing and research results ...