Pelaksanaan pembelajaran di sekolah hingga saat ini masih menghadapi banyak kendala dan hambatan, salah satunya yaitu penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang menyebabkan hasil belajar peserta didik. Dibuktikan dengan data hasil nilai rata-rata peserta didik kelas VB SDN 3 Mantingan hanya 59,3 dari KKM yang telah ditetapkan 65. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Mantingan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dengan dua tahapan, yaitu pra siklus dan siklus I. Penelitian dilakukan di SD Negeri 3 Mantingan Jepara dengan sasaran penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V B berjumlah 21 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang dapat dilihat rata-rata nilai pada prasiklus yang menunjukkan 59,3 dengan tingkat ketuntasan hanya mencapai 29 % mengalami peningkatan pada siklus I yaitu nilai rata-rata 77,4 dengan tingkat ketuntasan mencapai 81%. Pada pra siklus hanya 6 peserta didik yang mencapai ketuntasan hasil belajar, dan terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 17 peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe STAD dalam pembelajaran IPS terbukti mempu meningkatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar
Copyrights © 2023