Pembelajaran matematika belum sepenuhnya fokus terhadap pengembangan HOTS. Hal ini mengakibatkan masalah bagi siswa masih kurang mampu dalam menyelesaikan permasalahan dalam matematika dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Model PBL dinilai memiliki kesesuaian dalam melatih HOTS siswa karena sintaks dalam PBL ada proses pemecahan masalah yang sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills dalam Pemebelajaran Matematika Siswa dan Untuk mengetahui respon siswa terhadap Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di SMPN 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretes Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Kelas eksperimen VIII-3 dengan jumlah 27 orang dan kelas kontrol VIII-4 dengan 24 siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skill dalam pembelajaran matematika siswa SMPN 7 Padangsidimpuan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung (=5,364) ttabel (=1,676). (2) Respon siswa terhadap komponen serta seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran Problem Based Learning menghasilkan respon yang positif.
Copyrights © 2022