G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 8 No. 2 (2024): April 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pendidikan Bencana Melalui Permainan Labirin Edukasi

Mutoharoh, Body (Unknown)
Fauzan, Aris (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alat permainan Labirin Edukasi (Larindu) sebagai pendekatan dalam pendidikan kebencanaan kepada anak di SD Muhika Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data diperoleh secara primer melalui wawancara kepada Kepala Sekolah SD Muhika Bantul dan Relawan Kebencanaan yang mendesain alat permainan Larindu. Data yang telah terkumpul akan dianalisis melalui tiga tahapan analisis seperti: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan dalam memainkan Larindu, anak-anak akan mengeksplorasi jalur-jalur tersebut untuk menemukan satu jalan keluar yang sudah didesain sesuai dengan titik kumpul pada peta. Hal ini dimaksudkan agar membantu anak untuk menghafal dan mengenali jalur-jalur evakuasi bencana sesuai dengan kelas nya masing-masing. Kesimpulan dalam permainan Larindu dapat membantu pengetahuan anak terhadap bencana dengan mendesain permainan labirin yang memiliki banyak jalur berliku, buntu dan bercabang untuk menemukan jalan keluar. Kata kunci: permainan edukatif, pendidikan bencana, labirin edukasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...