Strategi promosi bimbingan dan konseling penting untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat sekolah tentang pentingnya layanan BK dan mendorong mereka untuk aktif memanfaatkannya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan guru BK untuk meningkatkan manfaat layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan termasuk observasi, dokumentasi, dan wawancara. Fokus penelitian adalah guru bimbingan dan konseling yang bekerja di SMAN 1 Cigugur. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber triangulasi digunakan untuk menguji validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling di SMAN 1 Cigugur telah menggunakan strategi promosi berbasis digital dalam mempromosikan bimbingan dan konseling, namun terkendala minimnya personel untuk mengelola kegiatan promosi. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa dukungan dan sinergitas masyarakat sekolah menjadi faktor pendukung keberhasilan pelaksanaan promosi bimbingan dan konseling di sekolah. Kata kunci: manajemen bimbingan dan konseling, bimbingan dan konseling, guru bimbingan dan konseling
Copyrights © 2024