CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
Vol. 9 No. 2 (2024): July 2024

Penerapan Customer Satisfaction Index untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Tamu terhadap Pelayanan di DeliHomestay

Armanda, Akbar Agustama (Unknown)
Fakhriza, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Delihomestay adalah penginapan di Kecamatan Medan Deli yang bertujuan memberikan pengalaman menginap menyenangkan dengan fasilitas dan layanan berkualitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kepuasan tamu dan menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi, seperti ketidakpuasan akibat kurangnya keramahan staf dan kebersihan kamar. Khususnya bagi tamu yang check-in tanpa aplikasi, mereka tidak memiliki tempat untuk menyampaikan keluhan. Oleh karena itu, diperlukan sistem penilaian online yang dianalisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengevaluasi tingkat kepuasan tamu secara cepat dan akurat. Hasil perhitungan menggunakan metode CSI menunjukkan bahwa nilai CSI sebesar 70.22%, yang tergolong dalam kategori puas. Meskipun demikian, hasil ini menunjukkan adanya ruang untuk perbaikan lebih lanjut dalam aspek-aspek tertentu. Dengan adanya sistem penilaian online ini, tamu akan lebih mudah melakukan penilaian secara fleksibel, dan Delihomestay dapat dengan cepat mengetahui tingkat kepuasan tamunya dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode CSI sangat membantu dalam memantau dan meningkatkan kepuasan tamu di Delihomestay

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cess

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) contains articles on research results and conceptual studies in the fields of informatics engineering, computer science and information systems. The main topics published include: 1. Information security 2. Computer security 3. Networking & ...