Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 4 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN RESOURCE BASED LEARNING

Kurnianingsih, Indah (Unknown)
Maysarah, Siti (Unknown)
Afri, Lisa Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Resource Based Learning (RBL) di kelas VIII MTs Al-Jihad Kerasaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jihad Kerasaan dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen I dan Kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Uji analisis yang digunakan adalah uji Indepndent Sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning dan Resource Based Learning di kelas VIII MTs Al-Jihad Kerasaan, dengan nilai thitung  = 7.10 > ttabel = 1,67 dan hasil nilai rata-rata post-test model PjBL = 54.90 < nilai rata-rata post-test model RBL = 75, dimana terdapat selisih 20.10 poin sehingga Ha =   0. ABSTRACT This study aims to determine the differences in mathematical reasoning abilities of students taught with Project Based Learning and Re learning models. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population in this study was all students of grade VIII MTs Al-Jihad Kerasaan with two classes as samples, namely class VIII-1 as experimental class I and Class VIII-2 as experimental class II. Sampling technique using cluster random sampling. The instrument used to determine students' mathematical reasoning ability is to use a test in the form of a description. The analysis test used is the Indepndent sample t test. The results of this study show that there are differences in the mathematical reasoning ability of students taught with Project Based Learning and Resource Based Learning learning models in class VIII MTs Al-Jihad Kerasaan, with tcalculate = 7.10 > ttable = 1.67 and the results of the average post-test score for the PjBL model = 54.90 < the average post-test score for the RBL model = 75, where there is a difference of 20.10 points so that Ha = μ ≠ 0.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...