Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 4 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MESSAGE

Rahmi, Yulia (Unknown)
Rakhmawati, Fibri (Unknown)
Reflina (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Medan. Melalui hasil yang diberikan diperoleh siswa dengan kelompok tingkat tinggi dengan persentase 23%, siswa mampu menyatakan ulang masalah, menerapkan hubungan antara yang diketahui dengan pertanyaaan, merencanakan dan melakukan pemecahan masalah, pengecekan kembali jawaban dan mengkaitkan konsep matematika untuk mengambil kesimpulan, siswa kelompok tingkat sedang dengan persentase 50% mampu menuliskan dan menyebutkan apa yang ditanyakan di soal dan siswa kelompok tingkat rendah dengan persentase 27% mampu mengungkapkan dan menuliskan apa yang diketahui dan ditanya dengan jelas. Hasil wawancara mengungkapkan bahwa siswa kelas X-1 memiliki pemahaman konsep matematis pada tingkat sedang. ABSTRACT The research method used is qualitative research. The subjects of this study were students of class X of Al Washliyah Medan Private Madrasah Aliyah. Through the results obtained, students with a high-level group with a percentage of 23%, students were able to restate the problem, apply the relationship between what is known and the question, plan and carry out problem solving, recheck the answers and link mathematical concepts to draw conclusions, students in the medium-level group with a percentage of 50% were able to write and state what was asked in the question and students in the low-level group with a percentage of 27% were able to express and write what was known and asked clearly. The interview results revealed that students in class X-1 had a moderate level of mathematical concept understanding.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...